Sunday, September 29, 2013

Seni Mempercantik Tampilan Terminal Linux Kali

Bosan dengan terminal linux yang flat dan gitu-gitu aja??? 
Kali ini saya memposting seni mempercantik tampilan terminal linux. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan tools figlet dan cowsay, Langsung to the point aja deh gak pake ribet.
Berikut contoh tampilan terminal saya.
pertama buka terminal dan install paket figlet serta cowsay
apt-get install figlet
apt-get install fortune cowsay
setelah semua paket terinstall saatnya untuk mengedit bash. Sebenarnya hanya membutuhkan sedikit pengetahuan tentang pemograman shell bash. saya akan menjelaskan nantinya. File .bashrc berada pada home directory anda dan menjadi patokan dasar command ketika anda memasukin shell anda sebagai user biasa maupun sebagai root. Dilihat dari tanda titik di depan , maka file ini dalam mode invisible atau ter-hidden. Sebelum mengedit file bashrc ada baiknya untuk di backup dulu.
cp .bashrc .bashrcbackup
Selesai backup kita edit-edit dengan menggunakan text editor kesayangan kita. Anda bisa menggunakan vi, vim , nano , gedit, dll.
gedit .bashrc
kurang lebih tampilannya seperti ini:

berikut ini settingan saya, silahkan download atau cukup lihat di pastebin, letakkan di paling bawah.
berikut akan saya jelaskan sedikit:
Line 28
# function & script : kita dapat menaruh fungsi-fungsi dan script-script tertentu. misalnya saya buat sebuah fungsi dan saya beri nama deviskali(). hmm fungsi itu saya isikan dengan fungsi if then. jadi itu sebagai akses code lagi. 
Line 32
if [ "$dexvils" == "1611" ] ; then
ketika saya memasuki shell saya akan diminta code pengaman sederhana yang saya buat.

Nah untuk ascii artnya perhatikan line 107
echo -e "${lightgreen}";figlet -f  digital "devis@dexvils"
kita tinggal menggunakan figlet agar keluar “devis@dexvils hehehe .. kemudian apalagi ya.. oh iya klo kita ingin merubah nama root secara default, khususnya bagi pengguna backtrack yang menggunakan akses root sebagai default. ok cari shell prompt yang biasanya menggunakan variable PS1. Nah pada deklarasi variabel tersebut coba cari kata-kata ini “\u@\h\” ganti \u dengan nama yang anda inginkan. save terus reboot.. alhasil tampilan kata root pada prompt akan berubah..
Line 103
# Spicing up Terminal
/usr/games/fortune | /usr/games/cowsay -f ghostbusters
echo
           - f       = font
ghosbusters = gambar ghosbuster
jika anda ingin mengganti gambarnya bisa ketikkan perintah berikut di terminal:
ls /usr/share/cowsay/cows/

Demikian postingan saya kali ini semoga bermanfaat..
credit @ zee-eichel

About the Author

devis@dexvils

Blogger

I am the founder of this blog if you like my tuts , follow me

1 comment:

  1. gan kalo ada pesan :
    E: Unable to locate package figlet
    gimana solusinya?

    ReplyDelete

Labels

Popular Posts